Asisten III Setdakab Sijunjung Dampingi Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar ke Sumpur Kudus Selatan


MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sijunjung, dr. Edwin Suprayogi, M.Kes mewakili Bupati Sijunjung mendampingi Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat ke Masjid Nurul Qudsi, Jorong Calau Nagari Sumpur Kudus Selatan pada Rabu 13 April 2022 malam


Tim Ramadhan Provinsi Sumbar ke Sumpur Kudus Selatan ini diketuai oleh Sekdaprov, Han Sastri dengan membawa Mubaliq (Penceramah), Drs. H. Syafwan Diran. Hadir bersama Sekdaprov yaitu Kepala Dinas Kesehatan Prov Sumbar, dr. Lila Yanwar, Kadis Nakertrans Sumbar, Nizam Ul Muluk, Kepala BPKAD, Biro Pemerintahan dan Otda, Bagian Kesra dan Protokol Sumbar.


Sementara Asisten III Setdakab Sijunjung juga didampingi Staf Ahli Bupati, Hasmizon, SE.M.Si, Kadis Kesehatan, drg. Ezwandra, Kepala BKAD, Drs. Endi Nazir, Kabid Nakertrans, Khairudin dan Fery, Ketua LPM Kabupaten Sijunjung, Rezky Fitra, Bagian Kesra, Yeni Indra dan Bagian Prokompin.


Wali Nagari Sumpur Kudus Selatan, Khairul Basri pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada tim ramadahan provinsi yang didampingi tim dari kabupaten serta mengucapkan terimakasih telah hadir di Nagari Sumpur Kudus Selatan.


Pada kesempatan itu, Khairul Basri menyampaikan sekilas tentang Nagari Sumpur Kudus Selatan, "saat ini Nagari Sumpur Kudus selatan memiliki 492 kk. Sumpur Kudus Selatan ini batas batasnya, sebelah timur berbatasan dengan Riau, sebelah utara berbatasan dengan nagari induk Sumpur Kudus, sebelah selatan berbatasan dengan Nagari Manganti dan  sebelah Barat dengan Nagari Tamparungo,"ujar Khairul.


Di Sumpur Kudus selatan ini lanjut Khairul terdapat 3 buah mesjid dan 3 surau,"alhamdulillah setiap bulan suci ramadhan ini selalu ramai,"ujarnya.


Asisten III, dr. Edwin Suprayogi, M.Kes pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada Tim Safari Ramadhan yang diketuai Sekdaprov Han Sastri beserta rombongan di Kabupaten Sijunjung khususnya Nagari Sumpur Kudus Selatan. 


Edwin Suprayogi juga mengucapkan permohonan maaf dari Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung serta Sekdakab yang tidak bisa menghadiri dikarenakan juga ada agenda tugas keluar daerah.


Edwin juga  menghimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan silaturahmi dengan sesama, antar nagari maupun kecamatan.


Pada kesempatan itu, Edwin mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Sijunjung dari indikator pembangunan terutama indeks pembangunan manusia  masih rendah, terutama masalah stunting,"untuk itu mari ini menjadi perhatian kita bersama," ajak Edwin.


Sementara itu, Sekdaprov Han Sastri menyampaikan bahwa Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumbar yang didampingi Pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung ke Nagari Sumpur Kudus Selatan ini adalah dalam rangka silaturahmi sekaligus menerima masukan dan aspirasi dari masyarakat yang nantinya akan dibawa ke provinsi sumbar.


Dikesempatan itu Hansastri juga mengajak masyarakat Nagari Sumpur Kudus Selatan dan Kabupaten Sijunjung untuk turut andil dalam mensukseskan visi misi program unggulan (progul) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).


Salah satu progul yang menjadi perhatian adalah mengutamakan peningkatan produksi hasil pangan petani. Ia menyebutkan sekitar 10 persen lebih APBD Sumbar dialokasikan pada sektor pertanian. Oleh sebab itu ia berharap warga Nagari Sumpur Kudus dapat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi.


“Kami menyadari, pertanian menjadi sektor prioritas, tercatat lebih dari 50 persen masyarakat kita bekerja di sektor pertanian, itu artinya jika kita fokus terhadap sektor ini, akan memajukan separuh lebih masyarakat di Sumbar,” ungkap Hansastri.


Diakhir kegiatan Hansastri juga menyerahkan bantuan satu unit hand traktor secara simbolis kepada Wali Nagari Sumpur Kudus, sedangkan Asisten III Edwin Suprayogi juga menyerahkan bantuan dari Pemda Kabupaten Sijunjung berupa 10 buah kain sarung dan 10 buah Al-Qur’an (PKP/Zaki)

0 Komentar