Bupati dan Wabup Sijunjung Hadiri Halal Bihalal dan Silaturahmi Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru se-Nusantara





SIJUNJUNG.MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir bersama Wakil Bupati Iraddatillah hadiri acara halal bihalal dan silaturahmi Ikatan  Keluarga Besar Kampung Baru (IKBK) se Nusantara yang dilaksanakan di  Masjid Kampung Baru, Rabu (04/05/2022).

Acara pulang basamo serta halal bihalal ke-34 IKBK dengan tema" menjalin komunikasi dan silaturahmi untuk mempererat keakraban IKBK dihari yang fitri tahun 1443H/2022M" ini, turut hadir Wakil Ketua DPRD Syofian Hendri, S.Pdi., dan Angota DPRD Yusnidarti, SH, MH., Ketua TP PKK Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, Ketua LKAAM Epi Radisman, Asisten I Aprizal, M.Si,l., Kepala Perangkat Daerah, Camat beserta unsur forkopincam, Wali Nagari se Kecamatan Kupitan, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak dan undangan lainnya.

Gusrial, S.Pdi., yang merupakan ketua pelaksana acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan halal bihalal ini adalah yang ke - 34 dalam rangka pulang basamo ditahun 2022.

Adapun kegiatan dalam rangka pulang basamo ini ujar Gusrial, yang pertama dengan dilaksanakannya takbir secara bersama dengan berjalan kaki, kemudian pelaksanaan sholat Idul Fitri di Lapangan Kampung Baru.

"Dalam rangka melestarikan tradisi, pada malamnya kita adakan pergelaran randai, pada selasa pagi kita adakan  jalan santai bersama untuk memupuk kebersamaan. Pada hari rabu ini kita adakan halal bihalal makan bersama. Kemudian pada kamis besok kita adakan pertemuan perantau dengan keluarga kampung halaman dan malamnya dengan tokoh serta niniak mamak dan pada jumat diadakan acara penutupan," ujar Gusrial.



Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus S.Pd, MM., mengatakan bahwa pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022M tahun ini, keluarga  besar IKBK Desa Kampung Baru yang melaksanakan pulang basamo sebanyak 686 orang dengan menggunakan kendaraan mobil sebanyak 146 buah.

Mereka yang "Pulang Basamo" itu ujar Jalnibus terdiri dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 58 orang, Kalsel 54 orang, Kaltim 58 orang, Kalteng 16 orang, Jabodetabek 38 orang, Bandung 14 orang, Sumsel 17 orang, Jambi 56 orang, Bengkulu 14 orang, Riau 154 orang, Sumut 4 orang, Batam 4 orang dan dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumbar 200 orang.

"Dengan adanya pulang basamo ini, mudah mudahan seluruh perantau akan menyatukan tekat untuk merubah Desa Kampung Baru lebih maju lagi kedepannya," harap Jalnibus.

Ia juga menyampaikan bahwa kedepan Desa Kampung Baru akan menerapkan program satu rumah satu serjana serta akan menjadikan Kampung Baru menjadi kampung zakat

"Untuk itu, kami mohon dukungan dari para perantau nantinya," harap Jalnibus.

Ketua IKBK Safrial S.Ag., dalam sambutannya mengatakan, dengan dilaksanakannya halal bihalal IKBK Desa Kampung Baru se Nusantara ke 34 ini, diharapkan semakin maju dan berkembang, dan berharap kepada semua perantau dan keluarga IKBK agar menyatukan tekat untuk membangun, tidak hanya Kampung halaman, tetapi juga memberikan suport dan dukungan serta kontribusi untuk pembangunan Kabupaten Sijunjung kedepannya.



Bupati Sijunjung Benny Dwifa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada IKBK atas undangan pada acara halal bihalal ke 34 IKBK Desa Kampung Baru se Nusantara ini sekaligus mengucapkan selamat datang kembali di kampung halaman.

Benny mengatakan bahwa kehadirannya bersama Wakil Bupati dan didampingi banyak kepala OPD di Kampung Baru ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan serta apresiasi kepada IKBK dalam rangka membangun Kabupaten Sijunjung secara bersama sama.

Bupati Benny Dwifa dalam sambutannya tersebut juga menyampaikan bebarapa program pemerintah daerah yang sedang dan akan dilaksanakan, diantaranya saat ini pemerintah daerah telah memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi kependudukan yang biasanya kepengurusannya di Dinas Dukcapil, namun saat ini sudah bisa kepengurusan administrasi kependudukan di Kantor Wali Nagari/Desa.

"Pemerintah Kabupaten Sijunjung saat ini juga telah menandatanganai MoU dengan IPB University dalam rangka pengembangan Stiper menjadi UNP dengan Program study Agribisnis Pertanian," ujar Benny.



Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam rangka meningkatkan SDM dan Mutu pendidikan juga telah memberikan subsidi bagi siswa SLTA/SMK sebesar Rp.600.000/ Siswa setiap tahunnya sehingga tidak adalagi alasan bagi generasi muda Kabupaten Sijunjung untuk tidak melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas.

Selanjutnya, Bupati Benny menyinggung juga soal Geopark Silokek yang saat ini tetap mendunia, hal ini terbukti dengan adanya penetapan desa wisata Silokek sudah masuk 50 besar desa wisata Nasional dan diharapkan nantinya masuk 5 besar terbaik tingkat nasional.

"Dibidang kesehatan, setelah melalui proses panjang dan perjuangan yang gigih Alhamdulillah akhirnya Pemerintah Pusat memberikan bantuan pembangunan rumah sakit tipe D di Kecamatan Kamang Baru. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima," tambah Bupati Benny Dwifa.

Untuk itu semua harap Benny, Pemerintah Daerah tidak akan bisa berjalan sendiri, oleh karena itu diharapkan bantuan dan dukungan dari semua pihak termasuk para perantau untuk kemajuan Kabupaten Sijunjung kedepannya. (Andri/Zaki)

0 Komentar