Diserahkan Langsung Menparekraf Sandiaga Uno, Desa Wisata Silokek Raih Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Asean Tourism Standard 2023



SIJUNJUNG.MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat meraih penghargaan bergengsi kelas Internasional pada ajang ASEAN Tourism Standard 2023.


Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno kepada Ketua Pengelola Desa Wisata Silokek, Rubis Armando di Marriott Hotel Yogyakarta, Minggu (5/2/23).


Selain Desa Wisata Silokek (Sumbar), Desa Wisata Pentingsari (Yogyakarta), Desa Wisata Pemuteran (Bali), Desa Wisata Wae Rebo (NTT) dan Desa Wisata Tamansari (Jawa Timur) juga menerima penghargaan dengan kategori Community Based Tourism (CBT) tersebut.


Adapun yang dimaksud dengan kategori Community Based Tourism, masyarakat berbasis pariwisata atau kumpulan masyarakat yang melakukan pariwisata tidak hanya keuntungan semata, namun berfokus pada keberlangsungan dari lingkungan, sosial, maupun budaya itu sendiri.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, Afrineldi membenarkan hal itu. “Ya, Alhamdulillah Desa Wisata Silokek menerima penghargaan kelas Internasional pada ajang ASEAN Tourism Standard 2023 di Yogyakarta,” ungkap Kadis Parpora tersebut.


Dikatakannya, penghargaan itu hanya diterima oleh 11 Nagari/Desa se-Indonesia dan di Sumatera Barat hanya Desa Wisata Silokek.


“Ini tentu tugas berat bagi kita di Kabupaten Sijunjung. Kita harapkan jangan hanya tinggal menerima penghargaan, akan tetapi jadikan semangat dan bentuk kolaborasi serta sinergitas kita dalam memajukan pariwisata di Ranah Lansek Manih kedepannya,” ujar Afrineldi.


Kemudian, sebut Kadis Parpora, ASEAN Tourism Standard Awards itu merupakan penghargaan yang dibentuk atas dasar inisiatif dari 10 negara anggota ASEAN.


“Seperti disampaikan bapak Menteri Pariwisata tadi, penghargaan ini bagaimana untuk mendorong kemajuan pariwisata. Sehingga melalui ASEAN Tourism Standards Award dapat menciptakan satu destinasi di kawasan ASEAN yang bermutu tinggi,” tuturnya.


Sementara, Ketua Pengelola Desa Wisata Silokek, Rubis Armando merasa senang atas penghargaan itu.


“Kami sangat bangga. Tentu ini modal kami untuk terus mengakomodir potensi SDM dan SDA yang ada di Desa Wisata Silokek dan juga kami akan terus menggali inovasi-inovasi baru untuk mendukung pengembangan Desa Silokek,” pungkasnya. (Dicko/Zak)

0 Komentar