Pemkab Sijunjung Adakan Seminar Nasional dan Diskusi Aktual Riwayat Hidup dan Perjuangan Buya Syafii Maarif

 


SIJUNJUNG.MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Dalam rangka pengusulan almarhum Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif sebagai Calon Pahlawan Nasional, Pemerintah Kabupaten Sijunjung melaksanakan Seminar Nasional dan Diskusi Aktual tentang riwayat hidup dan perjuangan Prof Dr Ahmad Syafii Maarif, Selasa (14/02/2023) bertempat di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung dan di tempat masing masing secara virtual


Seminar ini menghadirkan narasumber yaitu Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Sosial RI, Drs.  Arif Nahari, M.Si, Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. H. Ashabul Kahfi, M.Ag, Ketua Pimpinan  Pusat Muhammadiyah, Dr.H. Anwar Abas, MM. M.Ag, Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNP, Dr. Siti Fatimah, M.Pd  H.Hum, Dewan Pakar Pusat Studi Islam dan Minangkabau Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. H. Shofwan Karim Elhussein, MA, dan Moderator oleh Direktur Pusat Studi Islam Minang Kabau UMSB, Isral Naska, MA.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan bahwa Prof. Dr. Syafii Maarif adalah seorang putra bangsa yang berasal dari Nagari Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung  yang merupakan tokoh nasional dan intelektual terkemuka di Indonesia, kiprahnya sudah diakui ditingkat Nasional maupun Internasional. Buya Ahmad Syafii Maarif telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan bangsa dan pembangunan daerah serta turut mengatasi berbagai masalah bangsa dan daerah


"Seminar Nasional ini merupakan salah satu persyaratan dalam mengusulkan gelar pahlawan nasional, kita berharap hasil seminar ini dapat memberikan masukan dan saran kepada TP2GD untuk kesempurnaan bahan bahan pengusulan Prof. Dr. Syafii Maarif sebagai pahlawan nasional," harap Benny saat membuka kegiatan seminar tersebut.



Benny juga berharap seminar ini dapat menjadi pertimbangan bagi Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk menobatkan gelar pahlawan nasional kepada Syafii Maarif serta berharap kepada kepala OPD, Camat dan Wali Nagari serta seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan mensosialisasikan kepada masyarakat atas pengusulan Prof. Dr. Syafii Maarif sebagai Pahlawan Nasional.


Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Riki Sahputra menyatakan bahwa UMSB telah menempatkan mahasiswa KKN di Kabupaten Sijunjung, tempat kelahiran Buya Syafii.


KKN yang didukung Pemerintah Kabupaten Sijunjung ini telah menjalankan banyak program, termasuk melahirkan museum rumah kecil Buya Syafii. “Secara khusus, UMSB berpartner dengan Pemerintah Sijunjung untuk menyiapkan naskah akademik pengusulan Ahmad Syafii Maarif menjadi salah satu pahlawan nasional,” ujarnya.



Sementara itu, Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT selaku panitia pelaksana seminar mengatakan bahwa seminar nasional ini diikuti lebih kurang 1000 orang peserta diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dan Iraddatillah, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, MA, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Dr. Bachtiar.


Hadir juga Unsur Pimpinan DPRD beserta anggota, Unsur Forkopimda, Ketua TP PKK, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, Sekdakab, Dr. Zefnihan, AP.M.Si, Ketua Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, M.S beserta anggota, Asisten,  Staf Ahli, Kepala OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, MUI, LKAAM, Baznas, Bundo Kanduang, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung, Ketua Organisasi dan Kepala Sekolah se Kabupaten Sijunjung. (Andri/Zak)

0 Komentar