KPU Sijunjung Gelar Nonton Bareng Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 oleh KPU RI : Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara

 


SIJUNJUNG.MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung mengikuti peluncuran kirab pemilu tahun 2024 "setahun menuju hari pemungutan suara" pemilu sebagai sarana integrasi bangsa yang digelar oleh KPU RI, Selasa (14/02/2023) secara daring di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati yang diwakili Kakan Kesbangpol, Ketua DPRD, Seluruh Komisioner KPU, Forkopimda, OPD terkait, PPK, pimpinan Partai Politik, Media dan Ormas.


Peluncuran Kirab Pemilu setahun menuju hari pemungutan suara tersebut dilaksanakan serentak di tujuh kota titik peluncuran dan digelar secara live streaming melalui YouTube KPU RI serta diikuti oleh 38 KPU Provinsi dan 514 KPU Kabupaten/Kota di tanah air.


Berikut 7 titik tersebut, Mochammad Afifuddin di KIP Aceh, Persadaan Harahap di KPU Kota Batam (Kepulauan Riau), August Mellaz di KPU Provinsi Kalimantan Barat, Idham Kholik di KPU Kalimantan Utara, Bernad Dermawan di KPU Kabupaten Morotai (Maluku Utara), Betty Epsilon Idroos di KPU Provinsi NTT dan Yulianto Sudrajat di KPU Provinsi Papua.


Sementara itu, Pembukaan kirab tersebut dipimpin langsung oleh ketua KPU RI Hasyim Asyari di Kantor KPU RI.


Hasyim mengatakan acara kirab ini dilakukan sebagai bentuk semangat dalam proses menuju Pemilu 2024. Hasyim menyebut acara juga dilakukan di daerah sebab suara Pemilu dimulai dari daerah.


"Untuk menyegarkan semangat kita dalam rangka satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024, yang ditandai peluncuran kirab. Pemilu tidak hanya terjadi di tingkat pusat tapi dimulai dari daerah, semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi pemilih konstituen berasal dari daerah," ujar Hasyim dalam sambutanya yang tonton juga oleh peserta nonton bareng peluncuran kirab di Kabupaten Sijunjung.


Hasyim menilai, pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Hal ini dikarenakan menyatukan berbagai perbedaan.


"Tema yang kita angkat bersama-sama adalah Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Pemilu pilkada arena konflik yang dianggap sah dan legal untuk mempertahankan dan meraih kekuasaan. Desain keserentakan yang kita kaji nampaknya bisa sebagai sarana integrasi bangsa," tuturnya.



Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah dalam sambutanya menyampaikan peluncuran Kirab Pemilu 2024 di setiap titik akan menampilkan seni budaya lokal, sambutan ketua KPU serta deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa.


"Seluruh konten acara peluncuran disetiap titik akan mendeskripsikan kesiapan KPU menyelenggarakan pemilu tahun 2024 dan dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pemilu," katanya.


Menurutnya, hitungan hari pemilu adalah 365 hari lagi, untuk itu perlu disampaikan kepada seluruh masyarakat dan partai politik bahwasanya pemilu tinggal satu tahun lagi.


Pada kesempatan ini, sambungnya, kita wajib menyaksikan kirab pemilu agar aura politik semakin berkembang di Indonesia. "Acara ini hanyalah hantaran untuk menonton kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan," katanya.


Komisioner KPU Nafwan mengatakan Kabupaten Sijunjung berasa di nomor urut 25.


"Kapan waktunya kirab itu sampai belum tahu. Yang jelas, kirab itu nantinya memasuki kota Sawahlunto dan kemudian baru ke Sijunjung dan lanjut menuju Dharmasraya untuk selanjutnya menuju Jakarta," tambahnya.


Perlu diketahui, ini adalah nomor urut partai politik peserta pemilu tahun 2024 :


1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan)

4. Partai Golongan Karya (Golkar)

5. Partai NasDem

6. Partai Buruh

7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

11. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)

12. Partai Amanat Nasional (PAN)

13. Partai Bulan Bintang (PBB)

14. Partai Demokrat

15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

16. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

24. Partai Ummat


Sedangkan, partai lokal Aceh yaitu :


18. Partai Nangroe Aceh (PNA)

19. Partai Generasi Aceh Beusaboh Thaat dan Taqwa (Gabthat)

20. Partai Darul Aceh (PDA)

21. Partai Aceh

22. Partai Adil Sejahtera Aceh (PAS Aceh)

23. Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.


(Zak/Trizal)

0 Komentar