KPU Sijunjung Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024



SIJUNJUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung menggelar rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024, Rabu - kamis 12 s.d 13 Oktober 2022 di salah satu hotel di kota Padang. Rakor tersebut dihadiri perwakilan 10 partai politik peserta verifikasi faktual, forkopimda dan undangan lainnya serta di moderatori langsung oleh sekretaris KPU Sijunjung, Irzal Zamzami.


Komisioner KPU Sijunjung, Lindo Karsya mengatakan rakor tersebut dilaksanakan agar terbangun kesepahaman agar verifikasi faktual yang akan berlangsung bisa berjalan sebagaimana mestinya.


"Hakikat rakor ini tidak sekedar pemberitahuan tapi sudah kerja nyata ke ruang publik dalam hajatan perpolitikan nasional," ucapnya dalam penutupan rakor, Kamis (13/10/2022).


Ia berharap seluruh partai politik bisa menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam verifikasi faktual nanti.


"Jika secara administratif kita teratur, secara faktual hendaknya teratur juga dan tidak ada lagi keraguan mengenai keanggotaan tersebut," ujarnya.


Komisioner KPU Divisi teknis dan penyelenggaan, Gunawan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap forkopimda, Bawaslu dan partai politik berkaitan dengan masukan dan usulan serta saran yang harus dijalankan terkhusus verifikasi faktual yang akan dijalankan baik oleh KPU ataupun partai politik.


Ia mengatakan KPU nantinya akan berkoordinasi dengan seluruh pihak dan ia berharap partai politik juga menyampaikan kepada jajaran masing-masing terkait verifikasi faktual yang sebentar lagi dihadapi.

.

"Melalui verifikasi faktual ini, kita bisa memahami regulasi yang ada sehingga bisa berjalan sesuai aturan tanpa ada dinamika yang sampai pada proses sengketa," pungkasnya. 


Perlu diketahui, verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024 akan berlangsung pada 15 Oktober - 04 November 2022. (Zak)

0 Komentar