Ini Pesan Ketua KPU Sijunjung Kepada 186 Anggota PPS yang Baru Dilantik



SIJUNJUNG.MINANGTIME.COM, SIJUNJUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sijunjung untuk Pemilihan Umum Tahun 2024, Selasa (24/1/2023) bertempat di Gedung Pancasila. 


Pelantikan tersebut dihadiri Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir S.STP.M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan, Forkopimda lainnya, serta Kepala OPD, Kapolsek, Camat dan Wali Nagari.


Jumlah PPS yang dilantik, sebanyak 186 orang yang mewakili sebanyak 61 Nagari dan satu desa, di Kabupaten Sijunjung. dimana di setiap Nagari/desa, anggota PPS adalah berjumlah tiga orang. PPS terpilih ini merupakan hasil rekrutmen KPU Sijunjung yang telah dilaksanakan sebelumnya.


Pada proses rekrutmen PPS tersebut, dilaksanakan dengan menggunakan sistem informasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan ad Hoc), diikuti oleh peserta dengan rincian Peserta yang membuat akun SIAKBA sebanyak 953 orang (351 Laki-laki, 602 Perempuan), Lulus Administrasi sebanyak 681 orang (L : 267,P:414), Lulus Tes Tertulis /CAT sebanyak 518 orang (L: 206 , P:312), selanjutnya lulus seleksi wawancara sebanyak 367 orang (L:152, P:215), dan pada tahap akhir PPS terpilih yang Ikut prosesi pelantikan sebanyak 186 orang (L:83 P:103). Untuk tingkat pendidikan yang ikut seleksi melalui SIAKBA adalah SMA/Sederajat 345 orang, Diploma 80 orang, Sarjana (Strata 1) 345 orang dan S2 sebanyak 1 orang.


Dalam kesempatan pelantikan tersebut Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah dalam sambutannya mengatakan, PPS merupakan perpanjangan tangan dari KPU di setiap Nagari/Desa dengan hierarki, KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kab/Kota, PPK dan PPS, sedangkan untuk tk-TPS nanti nya akan ada rekrutmen KPPS.


"Untuk itu di Nagari masing-masing mari kita jalin kerjasama yang baik dan mari kita bersama-sama menyukseskan pemilu 2024 yang akan datang dan laksanakan tugas dengan baik sesuai peraturan yang berlaku serta harus memastikan hak konstitusi warga masyarakat semua terpenuhi," harapnya.


selain itu, sambungnya, peran serta PPS dalam menggaungkan euforia Pemilu 2024 di tingkat nagari/desa perlu dilakukan agar pesta demokrasi ini benar-benar terlihat sebagai sebuah pesta demokrasi bangsa dan "dinikmati" oleh setiap rakyat Indonesia sampai kepada setiap sudut di negeri ini.



Lebih jauh, Lindo berpesan “Ketika manusia dimabuk kekuasaan, dia akan berdamai dengan kepalsuan dan kebohongan serta dengan beraneka ragam penghianatan. Hari ini kawan-kawan PPS diberi kekuasaan. Di gedung ini kawan-kawan PPS bukan siapa-siapa dan tidak apa-apa ditingkat kabupaten tapi di wilayah kawan masing-masing adalah siapa siapa. Supaya hidup jangan berdamai dengan kepalsuan dan kebohongan serta beraneka ragam penghianatan maka jangan pernah dimabuk kekuasaan ini. Layani pemilih dan peserta pemilu dengan baik” ujarnya


Sama seperti Pelantikan PPK beberapa waktu sebelumnya, proses pelantikan, sekaligus pengambilan sumpah/janji dilanjutkan dengan pembekalan kepada seluruh PPS terpilih yang di narasumberi oleh setiap Komisioner KPU Sijunjung, tepatnya oleh masing-masing Ketua Koordinator Divisi (Kordiv). (Ril/Zak)

0 Komentar